10 Maret 2014

SEKILAS KISAH DARI SEBUAH PERJALAN HIDUP




Dalam rangka cita-cita asimilasi melalui islamisasi saya bersama teman-teman ketika itu mendirikan Kelompok Tujuh. Dari Kelompok Tujuh inilah diawali gerakan asimilasi dan islamisasi. Ketika itu enam puluhan lebih keturunan cina masuk islam dari Yayasan Kelompok Tujuh inilah berkembang menjadi Yayasan Muslim Baru, kemudian berkembang lagi menjadi Yayasan Ukhuwah Islamiah. Disini bola dakwah mulai berkembang pesat berdampingan dengan cita-cita badan komunikasi penghayatan kesatuan bangsa dimana saya sebagai aktifis Yayasan Ukhuwah Islamiah sekaligus menjadi kepala kantor Bakom PKB pusat dan Bakom PKB DKI yang berkedudukan di Jl. Srikaya No.7 Pasar Boplo Jakarta Pusat.

Dari Yayasan inilah kemudian menciptakan Yayasan Haji Abdul Karim Oei karena Pak Karim Ceng Tyenghien telah wafat. Pak Karim inilah tokoh sesepuh PITI (Persatuan Islam Tiong Hua Indonesia) dan sesepuh Muhammadiyah dari Bengkulu, dikarenakan wafat nama beliau diabadikan menjadi Yayasan Haji Karim Oei.

Sebagai kepala yayasan dipegang oleh putra Bapak Karim Oei bernama Haji Muhammad Ali Karim. Yayasan inilah berkembang yang sekarang ini memiliki masjid Lautze Pasar Baru. Selamat jalan dan selamat beristirahat kepada bapak-bapak dan para sahabat yang telah mendahului kami.  

Dibidang pegajian, Yayasan Ukhuwah Islamiah yang diwakili oleh Hambas Wartawan, Sudrajat Brotokuncoro dari Bakom PKB, Drs.Kozin Arif dari IAIN bersama-sama dengan PTDI (Pendidikan Tinggi Dahwah Islamiah) yang diwakili oleh Jenderal Sudirman (ayah dari Basofi Sudirman), Laksamana Angkatan Laut Adang Safaat, Laksamana H.M. Sujono dari Auri dan Mayor Jenderal Suhadi dari Kepolisian bersama-sama dengan Ukhuwah Islamiah mendirikan Badan Pengajian Tafsir Quran (BPTQ) dikediaman Almarhum Jenderal Sarbini di Jl.Imam Bonjol No.48.

Saya diminta oleh sesepuh PTDI, untuk menghadap Menteri Agama Jenderal Alam Syah Ratu Perwira Negara untuk permohonan bantuan dana agar terlaksananya pengajian BPTQ di Imam Bonjol. BPTQ menghadirkan sesepuh Kiyai dari Pekalongan yaitu Kiyai Haji Gofar Ismail, yaitu ayah dari budayawan Taufik Ismail. Dari BPTQ Imam Bonjol inilah berkembang menjadi BPTQ di Lemhamnas yang dikoordinir oleh Laksamana H.M. Sujono.

Dibidang Gerakan Siluman dan Gerakan Sunyi Senyap saya berangkat dari pengalaman KOTI (Komando Tertinggi) dipimpin oleh Brigjen Sucipto,SH kemudian berlanjut ke BPI (Badan Pusat Inteligen) yang dipimpin oleh Brigjen Sutarto. Disinilah operasi Sunyi Senyap berkembang meluas, kemudian membantu Letnan Kolonel Priyo Pranoto, mantan Wadan (Wakil Komandan) RPKAD (Reder Pasukan Angkatan Darat) yang dipimpin oleh Kolonel Sarwo Edi Wibowo.

Pak Priyo pada waktu itu aktif di Bakin (Badan Intelijen Negara) yang kemudian Pak Priyo ini sebagai Paman saya dari istri saya. Dari Bakin inilah saya bisa berhubungan dengan Mayor Jenderal Rujito Waka Bakin, berhubungan dengan Letnan Jenderal Ali Murtopo sampai kepada ikut Opsis (Operasi Khusus) yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Ali Murtopo. Kemudian saya sering diminta bantuan oleh Mayor Jenderal Sunarso ketua BKMC Bakin (Badan Koordinasi Masalah Cina di Bakin) yang berhubungan erat dengan tugas saya dimasa pembauran di Bakom PKB Pusat. Selamat jalan dan selamat istirahat kepada sahabat-sahabat yang telah mendahului kami.

Dibidang pekerjaan, saya bekerja di PT. Mas Ayu Trading Industrial kemudian saya bekerja bergabung dengan Konsultan PT. Indulexco. Dikonsultan inilah saya menemukan tokoh-tokoh hukum yang bisa membina saya, yaitu Prof.DR.Charles Himawan,SH,LLM, yaitu tokoh dari Dekan Fakultas Hukum UI dan Wirawan Wisaksana,SH.

Dengan dua tokoh hukum inilah saya mampu membuat kantor perwakilah asing di Jakarta diantaranya adalah Perwakilan Asing The Daie Inc perwakilan dari Tokyo, MURIRIN ASIA, MURIRIN SINGAPORE, AIC TOKYO, perpanjangan izin dari PT. Takasago Indonesia. Oleh Prof.DR.Charles Himawan bersama dengan owner PT.Quis Indonesia saya diminta untuk meliquidasi PT.Narumatic Indonesia PMA. Pekerjaan liquidasi ini berjalan mulus selama enam bulan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar